Sebuah Petuah



Udah tahun baru ya? Wah selamat tahun baru ya (iya emang orangnya suka ngucapin tahun baru di tengah tahun). Jangan heran kalau jadi jarang nulis di blog ini (bahkan setaun kemaren cuman 2x!!!). Biasalah hidup makin kesini makin dimakan oleh kesibukan. 20% kesibukan akedemis, sisanya non akademis (re: makan, tidur, stalk cowok ganteng, dengerin lagu galau, jatuh cinta, patah hati, dan kegiatan non akademis lainnya).

Jujur, gak ada enak-enaknya jadi manusia 20+. Dulu, saya kira menjadi orang dewasa enak banget, apa-apa bisa sendiri, bebas, gak ada yang ngatur dan lain-lain (terutama sih bisa nonton film 18+, nonton konser 18+, dan 18+ lainnya). Tapi tau nggak sih? Menjadi dewasa saya rasa kok beban ya. Udah gede, punya KTP, udah mulai serius suka sama orang, tapi ujung-ujungnya masih ngemis sama orang tua. Ortu sih emang ngelarang anaknya buat cari kerja, pokoknya kuliah dulu yang bener sampe sarjanalah minimal. Nah tapi, kenyatannnya, udah saya gak kerja dan gak berpenghasilan, tapi IPK masih segitu-gitu aja. LALU APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN!!! Tuhkan jadi kesel sama diri sendiri.

Banyak banget ternyata rintangan dalam hidup ini. Kamu mau masuk PTN bagus, harus les sana sini, habis les harus ikut SBMPTN. Iya kalo ketrima, kalo enggak? Yaudah deh anggap aja ketrima, kalau udah ketrima dan masuk PTN, trus mau apa? Nilai segitu-gitu aja, gak bisa kerja, organisasi juga jabatan masih rakyat jelata. Sering banget, stalking di IG bikin makin gondok. Ya ampun mbak ini, udah cantik dari lahir, jadi artis (gausa mikir SBMPTN lah ya minimal), cowok yang ngedeketin banyak, kaki langsing banget no selulit, duit segambreng, mobil tinggal tunjuk, temen classy-classy. Enak banget ya mbak hidup?

Wah kalo ngomongin “ketidakberuntungan” hidup bisa sampe jebol nih keyboard. Namanya juga manusia, serajin-rajinnya shalat, serajin-rajinnya ke gereja, serajin-rajinnya baca kitab suci, namanya juga terbuat daging, jadi ya hidupnya penuh kedagingan. Uang, cinta, tahta, wanita/pria, gak ada habis-habisnya buat dikejar, buat diimpikan. Normal? Tentu. Tapi akan menjadi sangat salah ketika kita hidup untuk itu.

Sebenernya, saya nggak suka konsep “lihatlah kebawahmu, maka bersyukurlah hatimu”. Yaelah enak banget ngomongnya, coba jadi orang yang paling bawah, apa yang mau dilihat? Jurang kesengsaraan dan penindasan? Ada-ada aja. Coba deh konsep-konsep komparasi itu dihilangkan. Udah gak jamannya untuk membanding-bandingkan hidup sama orang lain (entah orang itu lebih sukses dari kita atau lebih gagal dari kita). Coba focus deh ke dirimu sendiri (bukan egois ya maksudnya). Dari semua teori-teori kehidupan yang omong kosong, omong kosong yang paling saya suka adalah do your best. Okelah kamu gak suka matematika, trus kamu sukanya apa? Main musik? Oke silahkan main musik sampe di alam kubur nanti.

Maksudku disini, apa sih tujuan kita hidup? Nyenengin ortu? Yaiya pastilah. Cari uang biar kaya? Okelah mantap gapapa. Trus habis itu mau ngapain? Hidup ini tentang diri kita sendiri lho. Everyone just an illusion. Bahagiakan dirimu sendiri dengan caramu, dan cara itu cuman kamu sendiri yang tahu. Mungkin orang lain bisa kasih kamu saran dan kritikan, boleh itu diambil tapi jangan ditelan mentah-mentah.

Bingung kan daritadi saya bahas apa?

Iya, emang orang yang lagi jatuh cinta, otaknya gak sinkron.

(emang daritadi intinya cuman mau nginfoin kalimat terakhir aja)

No comments:

Post a Comment