Terus hasilnya apa? Ranking 1? Belum tentu. Masa depan bagus? Tidak ada yang menjamin. Semua yang kita lakukan demi sekolah biasanya dilandasi dengan formalitas orang tua. Nggak keren banget ya kalau nanti waktu udah gede ditanyain orang, "Lulusan apa lu?", "Hm. Cuman SMA.". "Yaelah mau jadi apa lu.". Saya emang setuju hal ini, karena dijaman yang makin modern ini nggak lagi diperlukan orang-orang yang bekerja pake otot, tapi pake otak. Untuk itulah sekolah bukan hanya ajang formalitas aja, tapi emang buat masa depan. Tapi sekarang tergantung individunya sih, mau niat apa enggak.
Saya emang setuju kalo semua generasi muda harus sekolah. Tapi yang bikin saya paling nggak setuju adalah kurikulum pendidikan di Indonesia yang menurut saya salah. Emang saya nggak bisa bikin kurikulum sih, tapi sebagai pelajar yang lagi nikmatin kurikulum, saya rasa kurikulum sekarang kurang pas.
Saya juga baru sadar waktu walikelas saya yang paling ganteng sedunia bilang gini, "Ya gini otaknya orang Indonesia nggak mau diajak berpikir kreatif. Memang kalau olimpiade Internasional, juara matematika, sains, dan ilmu pengetahuan lain itu emang Indonesia. Sedangkan negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Cina selalu rangking paling bawah. Karena pelajar Indonesia setiap harinya cuman dijejali rumus-rumus, disuruh menghafal, disuruh mengerjakan, tanpa tau gunanya apa. Pasti kalian nggak tau kan gunanya ngitung vektor kayak gini? Ya itu orang Indonesia, cuman tau teori tapi nggak bisa praktek. Kalau di negara maju, memang siswa nya lebih diajarkan ke arah prakteknya bukan sekedar teori-teori saja."
Awalnya sih saya nggak terima dibilang nggak kreatif. Tapi saya sadar waktu itu di sekolah saya ada pertukaran pelajar dari Swiss. Kebetulan waktu itu pula lagi ada acara Muharram yang diikuti oleh siswa-siswi muslim di sekolah. Sedangkan siswa yang dari Swiss itu non muslim. Dia jadi ikut ibadah sama siswa-siswi non muslim. Waktu dia masuk kelas, semua kelabakan. Nggak ada yang berani bicara, bukan nggak berani bicara sih, cuman kagok aja kalau liat dia. Terus saya nyuruh temen saya yang paling pinter seangkatan saya, "Cin, suruhen masuk age. Ulangan Bingmu lak bagus sendiri a sekelas." trus jawab dia, "Kenapa nggak kamu aja?", "Yaelah ulangan bingku cuman dapet 22. Kamu aja kali." trus dia diem, dan akhirnya dengan kagoknya dia nyuruh bule itu masuk.
Dari peristiwa ini saya bener-bener disadarin sama perkataan wali kelas saya yang mengatakan bahwa pelajar Indonesia itu gak ada yang kreatif. Kalo disuruh teori, oke, bagus, bahkan cemerlang kalau disuruh ke praktek, enol besar. Mungkin itu yang saya rasa salah di kurikulum Indonesia dan itu juga yang ada di pikiran saya, alasan mengapa Indonesia gak semaju negara-negara lainnya.
Itu sih opini saya tentang sistem pendidikan Indonesia yang salah. Terserah kalian mau setuju atau tidak :)
Aprilia Widia Andini
No comments:
Post a Comment