Tumbuh Bersama Podkes Police

Nggak kerasa sudah lebih dari 2 tahun, aku, Dika, dan Niko bikin podkes tentang lingkungan. Nama panggung kami adalah Podkes Police. Police adalah sebuah akronim dari Podkes Lingkungan Cekitar. Ya, dari namanya aja udah kelihatan kalau kami disini membawakan topik seputar Lingkungan. Lalu gimana sih ide awal ini terbentuk?

Di suatu malam yang sepi di penghujung tahun 2020, tiba-tiba aku dapet group call dari Dika dan Niko. Kukira seperti biasa, mereka cuma mau life updating alias tiba-tiba curhat, tapi ternyata telfon itu punya maksud lain; "Li, ayo bikin podkes". Awalnya kaget dan gugup, apa bener aku memenuhi spek sebagai podcaster? Sedangkan menurutku aja suaraku ini medok jawa banget dan aku gak seluwes itu untuk membawa suasana. Tapi mereka meyakinkanku bahwa kita semua akan pelan-pelan belajar. Ya emang itu hal pertama buat kita bertiga sih jadi kayaknya tidak perlu insecure.

Kami dulu latihan rekaman dulu, hahaha. Bukan latihan sih lebih tepatnya ngecheck metode yang kita pakai apakah bisa; rekaman di 3 tempat berbeda tapi masih nyambung ngobrolnya. Segala hal kita coba biar rekamannya seakan-akan kita lagi ngobrol langsung, tapi meskipun segala cara dicoba pasti masih kerasa ada jeda antar obrolan hehehe. 

Tujuan utama kami memang dari awal adalah untuk mengedepankan isu lingkungan untuk dibahas secara ringan dan memasyarakat. Artinya kami disini mau isu lingkungan bukan isu ekslusif lagi tapi bisa jadi isu yang familiar bahkan untuk dibawa ngobrol di tongkrongan dekat rumah bahkan di dalam keluarga. Bahkan memang pembawaan kita terkait isu-isu lingkungan ini dibuat sangat ringan dengan selipan-selipan jokes-jokes retjeh dari kami. Nantikan setiap episodenya! Hehehe

Aku pribadi merasa banyak belajar, apalagi pas research topik yang akan kami bawakan; selalu menemukan hal baru dan fakta-fakta baru yang akhirnya bermuara pada semangat: "Aku harus mengabarkan ini kepada seluruh dunia". Tapi memang realita tak seindah drama, meskipun sudah hampir 3 tahun kita mengudara tetap saja traffic kita disitu-situ aja hahaha.

Meskipun semangat kita pasang surut, aku selalu bersyukur bahwa kita selalu berusaha mempertahankan podkes yang masih perlu banyak pembenahan disana-sini ini. Padahal sebagai cewek, aku sudah beberapa kali memberikan gagasan untuk mengakhiri podkes ini, tapi cowok-cowok ini meyakinkanku bahwa tidak ada alasan untuk kita berhenti. Hahahaha

Meskipun traffic traffic itu stagnan, aku senang bahwa setiap minggu selalu ada bahasan "Mau bahas apa kita minggu ini". Yah meskipun pada akhirnya kita ngeluarin episodenya gak rutin hahaha, sebulan aja sudah cukup bagus. Tapi aku senang kita bertahan dan mengisi waktu luang dengan cara yang positif.

Untuk kalian yang mau ikut teredukasi oleh podkes ini, bisa kunjungi: https://open.spotify.com/show/67yslosBMwHnBjsXs0BHsA?si=62d28081ffa646c3

No comments:

Post a Comment